Tuesday 7 February 2017

TV Sharp Bau Gosong


Sesampainya dirumah sepulang kerja dari pabrik, saya disambut sebuah TV rusak. Sharp 14 inch tipe multi system. Sang empunya sih sudah pulang, hanya nitip pesan sama istri...katanya TV nya rusak mati pet dan bau gosong.
Oke, coba saya nyalakan... Cepret cepret cepret.... Ada kilatan listrik dari dalam TV. Dan seketika ruangan dipenuhi bau gosong. Ternya si empunya TV tidak bohong.. hehehe


Karena baru pulang kerja, kurang baik jika langsung bongkar TV... Biarkan streess di pabrik hilang dulu. Sruput jahe anget biar makin rileks. 
Oke pikiran sudah tenang dan stress pun sudah hilang, waktunya bongkar si TV gosong. Sekilas melihat mesin bagian atas tidak ada tanda-tanda kebakar, semua masih mulus. Coba nyalakan sekali lagi, cepret-cepret lagi..dan kali ini kelihatan jelas dibagian rangkaian horizontal. Langsung balik PCB nya. Walah, banyak belatung yang sudah pada kering.. hiiiiiiii, ini TV atau apa? 
Dan ternya disitu ada cicak mati yang sudah kering, inilah yang menyebabkan korslet dan pcb terbakar. Coba lihat gambar berikut:



Untungnya bukan di bagian yang punya banyak jalur. Langsung saja dibersihkan dan di solder ulang bagian yang terputus jalurnya.
Coba nyalakan TV lagi, masih belum mau nyala... Hanya standby santai, ternyata protek.


Coba cek Tr horizontal, ternyata masih bagus. Cek komponen sekitar juga masih oke.. setelah diamati lagi, didekat flyback saya menemui ada condensator yang kakinya patah sebelah. Langsung ganti dan TV dinyalakan lagi... Jegrengggg.. TV masih protek dan kali ini ada kode kedipan di led indikatornya. Warna merah kedip-kedip terus..saya juga tidak tahu arti dari kedipan ini. 

Setelah browsing di internet, ternyata kedip-kedip macam ini banyak artinya. Karena TV sharp yang saya servis kedip terus akhirnya saya simpulkan ada masalah di rangkaian tuner. Ada socket disebelah tuner, yang terhubung dengan jack AV in. Coba tak lepas dan TV dinyalakan ulang. Ternyata TV sudah normal lagi. Sampai sekarang saya masih belum mengerti penyebab dari protek tadi, yang penting TV sudah normal. Setelah dinyalakan 1 jam juga masih normal. TV siap dikemas. 

1 comment:

  1. Tv saya dirumah masih nyala,tapi kok bau seperti kabel terbakar? Itu gimana solusinya?

    ReplyDelete